Pages

.

Google Perluas Cakupan Peta Korea Utara


Google Perluas Cakupan Peta Korea Utara

TEMPO.CO, California - Google memperluas informasi pemetaan Korea Utara, negara yang sejauh ini kosong melompong pada aplikasi Maps di situs populer itu. Melalui aplikasi Map Maker, pengguna bisa berkontribusi memberikan informasi atau menandai tempat-tempat di negeri tetangga Korea Selatan itu.
Beberapa perubahan lain dalam peta Korut di Google ini, pengguna dapat memperbesar dan melihat beberapa bagian penting di Korut, termasuk kamp kerja penjara terkenal. Semula, negara yang tertutup ini juga menutup diri dari peta Google.
Diluncurkan pada tahun 2008, data Map Maker telah bermigrasi ke Google Maps untuk banyak negara seperti Irak dan Afghanistan.
"Map Maker memberi banyak manfaat selama beberapa tahun dan hari ini peta baru Korea Utara siap dan tersedia di Google Maps," kata Jayanth Mysore, manajer produk senior di Google Map Maker. "Kini pengguna internet dapat mengakses peta Korea Utara yang menawarkan lebih banyak informasi dan detail dari sebelumnya."
Langkah ini dilakukan setelah kunjungan pribadi petinggi Google, Eric Schmidt, ke Korut.
Google mengatakan sejumlah besar warga Korea Selatan menyumbangkan informasi untuk peta Korea Utara. "Sementara banyak orang di seluruh dunia sedang terpesona dengan Korea Utara, peta ini sangat penting bagi warga Korea Selatan yang memiliki koneksi leluhur atau keluarga yang masih tinggal di sana," kata Mysore.