Pages

.

Blackberry Baru Mirip iPhone?


Blackberry Baru Mirip iPhone?

TEMPO.CO, Toronto - Produsen Blackberry, RIM, akan meluncurkan dua handset Blackberry baru dalam upaya untuk mempertahankan eksistensinya di ranah smartphone. Namun telepon dengan perangkat lunak baru BB10 dianggap tak terlalu istimewa dalam bentuk, bahkan banyak yang menyebut mencontek iPhone.
Pasar RIM terus tergerus, sebagian besar disebabkan oleh popularitas iPhone keluaran Apple dan Galaxy dari Samsung.
Sebuah gambar yang bocor pada media menunjukkan Blackberry baru tipe Z10,  memang terlihat sangat mirip dengan iPhone. Perangkat ini mempunyai layar sentuh yang lebih lebar dari tipe sebelumnya.
Ada dua model yang akan diluncurkan, yaitu Z10 dan X10. Jenis Z10 mempunyai spesifikasi antara lain layar 4,2 inci dengan resolusi 1280 x 768 pixel, RAM 2 GB, memori 16 GB atau 32 GB, processor Dual core 1,5 GHz, dan Bluetooth 4.0. Sedang  X10  memiliki fitur yang mirip dengan Z10 tapi dengan keyboard QWERTY.
Para ahli mengatakan langkah tersebut bisa menjadi harapan terakhir RIM. "Tahun ini adalah pertaruhan terakhir bagi RIM di tengah gempuran hebat di caruk smartphone," kata Ian Fogg, seorang analis di IHS.
Yang lain menyatakan, sangat telat bagi RIM meluncurkan produk baru sekarang. "Ada begitu banyak ponsel pintar yang menakjubkan di toko-toko yang dijalankan dengan platform  Android atau perangkat lunak iPhone. Sulit untuk melihat mengapa ada orang yang ingin membeli ponsel yang dijalankan dengan  BlackBerry 10," kata Jason Jenkins, Editor CNET Inggris. "Mungkin jika diluncurkan beberapa tahun yang lalu, masih ada harapan."