Pages

.

WINDOWS 8: Terjual 60 juta lisensi hanya dalam 10 pekan

Compact_windows8
JAKARTA: Microsoft Corp mengumumkan penjualan Windows 8 di seluruh dunia telah mencapai 60 juta lisensi dan upgrade hanya dalam 10 minggu, sejak pertama kali diluncurkan pada Oktober 2012.

Hal tersebut dikemukakan Chief Financial Officer Windows Division Tami Reller pada Consumer Electronics Show di Las Vegas, Selasa (8/1) waktu setempat. Adapun angka penjualan tersebut disebut sebagai awal yang baik untuk produk teranyar Microsoft.

Sementara itu, lisensi dan upgrade Windows 8 telah terjual 20 juta sejak akhir November 2012. Pada bulan pertama penjualan, Microsoft sempat mengumumkan telah menjual 40 juta lisensi dan upgrade Windows 8.

Penjualan Windows 8 juga disebut telah menyamai penjualan Windows 7 yang memliki angka rata-rata penjualan 19, juta per bulan selama 9 bulan pertama diluncurkan di pasaran.

Meskipun demikian, Reller tidak menyebutkan detil masing-masing berapa penjualan lisensi Windows 8 untuk PC dan berapa untuk upgrade. Seperti dilansir Reuters, Reller juga tidak memaparkan berapa banyak tablet Surface yang telah dijual Microsoft.

Adapun penjualan PC pada 2012 dan pekan awal 2013 menunjukkan adanya penurunan penjualan YoY pertama kalinya selama dekade ini akibat transisi konsumen ke penggunaan komputasi mobile seperti tablet dan ponsel. (Reuters/34/arh)