Pages

.

Tegra 4 Diklaim Prosesor Anyar yang Jago Ngebut

Tegra 4 Diklaim Prosesor Anyar yang Jago Ngebut
TEMPO.CO, Las Vegas - Meski baru dibuka secara resmi besok, pameran Consumer Electronic Show (CES) telah mulai digelar sejak hari ini, Senin, 7 Januari 2012. Di hari pertama pameran ini, produsen cipset NVidia telah menggebrak dengan Tegra 4, cipset generasi terbarunya.
Dikutip dari situs teknologi Slahgear, Tegra 4 merupakan prosesor quad core untuk tablet dan smartphone dengan nama sandi Wayne, yang telah menggunakan arsitektur Cortex A-15. NVidia Tegra 3, yang digunakan di banyak perangkat seperti Google Nexus 7 dan HTC one X, masih menggunakan arsitektur A-9.
Tidak hanya itu, Tegra 4 juga memiliki 72 inti grafis, enam kali lebih banyak dari yang dimiliki oleh Tegra 3. Kombinasi kedua hal ini disebutkan membuat kinerja Tegra 4 jauh lebih mumpuni dari generasi sebelumnya, bahkan dikoarkan sebagai prosesor perangkat bergerak tercepat yang ada saat ini.
Dalam peluncurannya, CEO NVidia, Jen Hsun Huang, mendemonstrasikan perbandingan kecepatan antara tablet tak bermerk yang menggunakan Tegra 4 dan Google Nexus 10 yang menggunakan cipset Exynos A-15 dual core. Hasilnya, ketika mengakses 25 situs berbeda dengan trafik tinggi secara bersamaan, NVidia Tegra 4 memakan waktu 27 detik sementara Nexus 10 selama 50 detik.
Prosesor baru ini juga memiliki kemampuan mengambil foto dengan teknologi High Dynamic Range (HDR) secara cepat. Huang mengklaim bahwa perangkat Tegra 4 mampu mengambil empat foto HDR dalam waktu 0,2 detik pada setiap frame, sedangkan iPhone 5 disebut mengambil satu foto HDR selama dua detik.
Seperti prosesor generasi sebelumnya, Tegra 4 juga memiliki satu core tambahan selain empat core utama, yang berfungsi sebagai penghemat daya baterai. Prosesor ini juga telah mendukung jaringan 4G Long Term Evolution (LTE).