Pages

.

Mozilla Bakal Buka Toko Aplikasi Pesaing App Store dan Android Market

KOMPAS.com - Mozilla, perusahaan di balik browser Firefox, menyatakan akan memperkenalkan toko aplikasi pada Mobile World Congress (MWC) Show di akhir Februari 2012. Toko Aplikasi Mozilla ini akan tersedia untuk konsumen di akhir tahun ini.

Mozilla Marketplace, nama toko aplikasi tersebut,akan dibangun dengan teknologi Open Web, seperti HTML5 dan Application Programming Interface (API) yang disarankan oleh Mozilla.

Aplikasi di Mozilla Marketplace akan terdiri atas game, media, musik, dan aplikasi yang mendukung produktivitas pengguna.

Dengan toko aplikasi, Mozilla secara langsung akan bersaing dengan toko aplikasi milik Apple (App Store), Google (Android Market), dan Microsoft (Microsoft Marketplace). Karena Mozilla Marketplace selain untuk pengguna komputer, juga ditujukan untuk smartphone dan tablet.

Versi beta dari Marketplace sudah pernah dibuka, namun saat ini ditutup kembali untuk pengembangan lebih lanjut. Mozilla Marketplace akan menjadi bagian dari Mozilla Web Apps Platform, yang di dalamnya terdapat API yang dirahasiakan.

Aplikasi di Mozilla Marketplace akan tersedia dalam dua versi, yakni yang gratis dan berbayar. Mozilla sedang bekerja sama dengan PayPal untuk membangun sistem pembayaran aplikasi.

"Web adalah platform terbesar di dunia. Kami ingin memberikan kesempatan kepada developer untuk bermain di pasar yang paling besar yang belum pernah mereka bayangkan," ujar Todd Simpsons, Chief of Innovation Mozilla.

"Dengan membangun bagian yang hilang, Mozilla kini membuka potensi Web menjadi paltform untuk mengkreasikan dan mengkonsumsi konten dimanapun," tambahnya.

Keterangan lengkap akan disampaikan Mozilla pada MWC Show yang akan berlangsung mulai 27 Februari 2012.