Pages

.

SONY Jual Kantor Pusat di New York US$1,1 Miliar


Compact_sony

JAKARTA—Sony Corp di Amerika Serikat menyepakati perjanjian penjualan kantor pusat mereka di New York kepada Chetrit Group senilai US$1,1 miliar.


Sebagian dari hasil penjualan itu akan digunakan untuk membayar pinjaman dan biaya lain. Sony berharap akan mendapat uang kas sebesar US$770 juta dari penjualan itu. Meski begitu, grup Sony Jepang termasuk Sony Music Entertainment masih akan menempati gedung itu selama 3 tahun ke depan.

Dilansir Bloomberg, Jumat (18/1/2013), Sony menjual sejumlah asetnya serta memangkas karyawan untuk mengurangi kerugian selama kurun waktu delapan tahun terakhir. Produk televisi yang menjadi andalan mereka mulai tergerus produk lansiran Samsung Electronics Co.


Juru bicara Sony Mami Imada mengatakan perusahaannya belum menentukan harga tanah gedung itu.


Sony menargetkan meraih keuntungan sebesar 20 miliar Yen hingga 31 Maret mendatang, setelah pada tahun sebelumnya mencatatkan kerugian hingga 457 miliar yen. Menurut Sony, proyeksi itu sudah termasuk dengan keputusan penjualan gedung di New York.


“Itu menandakan kalau Sony bukan lagi perusahaan yang kaya. Hal terpenting adalah apakah Sony mampu mengembangkan produk yang lebih menarik,” ujar Keita Wakabayashi, analis Mito Securities Co.


Chetrit Group dimpimpin oleh Joseph Chetrit yang juga memiliki sebagian saham Willis Tower Chicago, gedung tertinggi di Amerika Utara. Pada 2011 lalu, dia membeli Chelsea Hotel di Manhattan. Hotel itu pernah ditinggali seniman terkemuka dunia Andy Warhol. (Bloomberg/39/spr)