Pages

.

Penantang Baru Mesin Pencari Google


Penantang Baru Mesin Pencari Google

TEMPO.CO, New York-Google masih mendominasi ranah pencarian di dunia maya. Microsoft dengan Bing, Yahoo dengan Yahoo Search, hingga Duckduckgo tak bisa mengimbangi kedigdayaan Google.
Kue pasar mesin pencarian Google mencapai 96 persen. Namun para analis menyatakan perubahan perangkat mobile begitu cepat. Sehingga, lahir kompetisi yang bisa mengakibatkan ketidakpastian dari dominasi Google. Ini membuat banyak produk mesin pencarian baru bermunculan.
Penantang baru di medan mesin pencari itu sebuah startup bernama Blekko, besutan izik.com. Berbeda dari google yang menampilkan hasil pencarian dengan menelusuri miliaran halaman web, Izik juga memasukkan hasil pencarian dari aplikasi macam news reader Flipboard, peramban Rockmelt hingga dari Zite.

Izik berusaha mengambil ceruk di sektor pencarian mobile. Menurut Richard Skrenta, CEO Blekko, selama ini mesin pencari masih memakai pandangan desktop/komputer. "Pencarian di perangkat tablet itu berbeda," ujarnya.
Menurut dia, pencarian di perangkat mobile cenderung santai dan tergantung mood untuk membolak-balik banyak hasil pencarian. "Penggunaannya lebih untuk main-main," kata Skrenta.

Berpijak pada perangkat mobile dengan layar sentuh membuat tampilan hasil pencarian izik bukan vertikal seperti google atau mesin pencari lainnya. Namun horisontal dan bisa digeser. Dengan tampilan ini, pengguna diharapkan tak hanya melihat hasil pencarian dengan melihat halaman pertama saja, seperti dalam google. Namun pengguna dengan mudah menggeser hasil pencarian dan memilih hasilnya.

Tampilannya terlihat segar dan seperti melihat majalah bergambar daripada sekedar menampilkan daftar link. Isinya dijanjikan tanpa spam ataupun situs backlink. "Kami pikir setiap mesin pencari akan terlihat seperti ini dalam lima tahun," kata Skrenta. Izik sudah tersedia buat perangkat Android atau Apple.