Pages

.

KAMERA DIGITAL Konektivtas nirkabel bakal jadi tren


Compact_kamera_digital

JAKARTA: Kamera digital dengan konektivitas nirkabel pada 2013 akan menjadi tren yang berkembang untuk mempertahankan penjualan dari gempuran ponsel pintar berkamera.

General Manager Digital Camera Section PT Kasindo Graha Kencana (Casio) Gunawan menyebutkan tren penjualan kamera digital memang menurun seiring peningkatan penetrasi ponsel pintar berkamera.

Oleh karena itu, salah satu solusi untuk mendongkrak penjualan kamera digital khususnya model saku adalah dengan menambahkan konektivitas nirkabel.

"Trennya ke depan memang akan seperti itu, dilengkapi dengan Wi-fi. Casio juga akan memperkenalkan kamera saku digital dengan Wi-fi pada kuartal II/2013," kata Gunawan, Rabu (9/1/2013).

Hal senada disampaikan Division Manager Canon Image Communication Product Division PT Datascrip Sintra Wong.

Sintra menjelaskan tren teknologi kamera digital dengan konektivitas nirkabel akan menjadi tren yang mewarnai industri pada 2013.

Namun, Sintra tak setuju jika penggunaan kamera pada ponsel pintar akan berpengaruh terhadap penjualan kamera digital.

"Kamera pada ponsel lebih berfungsi menjepret momen yang tidak terlalu penting sehingga kualitas hasil fotonya yang tidak terlalu tinggi pun dapat dimaklumi, sementara kamera digital ditujukan untuk merekam momen yang lebih berharga," kata Sintra.

Selain kamera digital dengan konektivitas nirkabel, Sintra menyebutkan tren kamera digital juga akan mengarah pada peningkatan kualitas hasil foto terutama pada kondisi pencahayaan minim dan di dalam ruangan.

Untuk menggenjot penjualan kamera digital pada tahun ini Sintra mengatakan Canon akan tetap fokus pada peningkatan kualitas hasil foto dan kemudahan penggunaan.

Adapun pada 2013 di Indonesia, Canon menargetkan penjualan kamera digital secara keseluruhan sebanyak 570.000 unit, sementara Casio menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 5% hingga 10%.