Pages

.

Samsung Geser Nokia Jadi Ponsel Terlaris 2012

Samsung Geser Nokia Jadi Ponsel Terlaris 2012
TEMPO.CO, New York - Samsung menyusul Nokia menjadi merek ponsel terkemuka tahun 2012. Langkah ini menandai pertama kalinya dalam 14 tahun Samsung menggantikan merek ponsel yang berbasis di Finlandia itu, menurut lembaga riset IHS iSuppli.
Samsung diperkirakan akan mencapai pangsa 29 persen di seluruh dunia, naik dari 24 persen pada 2011. Di sisi lain, menurut IHS, saham Nokia turun menjadi 24 persen dari 30 persen. "Ini akan menandai pertama kalinya raksasa elektronik Korea Selatan menempati bagian atas secara tahunan," kata IHS.
Samsung juga memperpanjang keunggulannya atas Apple sebagai pembuat smartphone nomor satu di seluruh dunia, menurut hasil survei tersebut. Samsung menguasai 28 persen dari pasar smartphone, naik dari 20 persen pada tahun 2011. Sedangkan pangsa Apple meningkat pada tahun 2012 menjadi 20 persen dari 19 persen.
"Realitas kompetitif dari pasar ponsel pada tahun 2012 adalah 'hidup oleh smartphone, mati oleh smartphone,'" kata Wayne Lam, analis senior di IHS.
Smartphone merupakan segmen dengan pertumbuhan tercepat dari pasar ponsel dan akan mencapai hampir setengah dari semua penjualan handset nirkabel tahun 2012. "Keberhasilan Samsung dan perjuangan Nokia di pasar ponsel tahun ini ditentukan sepenuhnya oleh nasib berbeda kedua perusahaan di sektor smartphone," katanya.
IHS mengatakan penjualan smartphone global meningkat sebesar 35,5 persen tahun ini, sementara penjualan ponsel secara keseluruhan hanya satu persen. Hal ini akan mendorong penetrasi smartphone 2012 menjadi 47 persen, naik dari 35 persen pada 2011.