Pages

.

iPhone 5 Terjual 2 Juta Unit dalam Sepekan

iPhone 5 Terjual 2 Juta Unit dalam Sepekan
TEMPO.CO, Shanghai - Produk terbaru Apple Inc, iPhone 5, menuai sukses di Cina. Hanya sepekan setelah diluncurkan, telepon pintar itu laris hingga 2 juta unit. Kantor berita Reuters mengabarkan, iPhone 5 kini menjadi telepon seluler terlaris di Cina, mengalahkan produk berbasis Android buatan Samsung atau HTC.
Menurut Direktur Eksekutif Apple, Tim Cook, iPhone 5 mencetak rekor penjualan terbanyak dalam sepekan. "Konsumen di Cina memang luar biasa," kata dia dalam pernyataan tertulis, Senin, 17 Desember 2012.

Peluncuran iPhone 5 di Cina dan beberapa negara Asia berlangsung pada 14 Desember 2012. Penjualan ini berlangsung di 100 negara dan ditargetkan selesai dalam sebulan. Untuk mengantisipasi kerusuhan dan antrean panjang, manajemen Apple memberlakukan sistem pemesanan secara online.

Sebelumnya, banyak kalangan yang khawatir iPhone 5 bakal terganjal regulasi pemerintah Cina. Otoritas telekomunikasi Cina, Telecom Regulatory Authority, terkenal selektif dalam menentukan produk yang boleh beredar di wilayahnya. Namun, izin tersebut akhirnya terbit pada akhir November 2012.

Di Cina, iPhone 5 beredar dalam dua model, yakni WCDMA A1429, yang menggunakan jaringan China Unicom, serta CDMA A1442 dengan operator China Telecom. Dengan iPhone 5, manajemen China Unicom mematok target 100 juta pengguna 3G pada akhir 2012, naik dibandingkan semester pertama yang mencapai 67 juta orang.

Sukses iPhone 5 bisa dibilang fenomenal. Dalam debutnya di Amerika dan 30 negara lain pada September 2012, iPhone 5 laris hingga 5 juta unit dalam tiga hari. Dengan pencapaian di Cina, Cook optimistis iPhone bisa berjaya di tengah serbuan telepon seluler pintar berbasis Android yang lebih murah.